AD (728x60)

Rabu, 21 Desember 2016

Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Pangan

Share & Comment
A. Memilih Daging Ayam

Daging ayam termasuk hewan unggas yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat, karena dibandingkan dengan daging bebek yang memiliki bau cenderung amis dan alot, daging ayam justru sebaliknya. Di pasaran, kita kadang terkecoh dengan kondisi daging ayam yang telah dipotong. Banyak kasus yang diberitakan beberapa pedagang yang nakal menyuntikan bahan yang berbahaya agar daging ayam terlihat besar dan segar. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu bagaimana memilih daging ayam yang masih bagus dan segar.

 sumber foto : google.com

1. Daging ayam terlihat segar, tidak tidak ada memar karena benda tumpul.
2. Daging ayam jika ditekan masih kenyal
3. memiliki khas bau daging ayam yang masih segar
4. pilih daging ayam yang sudah dibersihkan jeroannya, hal ini meminimalisir bau tidak sedap dati jeroan yang masih ada.
5. Tidak mengeluarkan cairan berlebih
6. Tidak berlendir



B. Menyimpan Daging Ayam 

Daging ayam yang telah dicuci bersih jika tidak akan langsung dimasak baiknya disimpan dalam freezer (- 14 derajat celcius). Ini berguna untuk menghambat bakteri berkembang biak karena daging jika disimpan lebih dari 5 jam di suhu ruangan akan mengakibatkan munculnya bakteri yang bisa menurunkan kualitas dari daging tersebut, terlihat dari daging yang sudah berlendir dan mengeluarkan bau yang kurang sedap. 
jika seperti itu dikhawatirkan nanti pada saat proses memasak, akan tercium bau yang kurang sedap.

Menyimpan daging ayam bisa dalam keadaan mentah dan matang. Untuk daging ayam mentah jangan lupa  simpan daging dalam wadah tertutup agar menghindari terjadinya kontaminasi silang antara bahan pangan.

Penyimpanan daging ayam yang sudah setengah matang, akan mempermudah kita dalam proses memasak selanjutnya. misalnya untuk orang - orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, menyimpan daging ayam yang sudah setengah matang adalah pilihan yang tepat.

Jangka waktu penyimpanan daging ayam dalam freezer bisa bertahan lebih lama dibandingkan menyimpan dalam chiller, ini berlaku untuk daging ayam yang belum dimasak. Sedangkan untuk daging ayam yang telah dimasak sebaiknya jangan disimpan lebih dari 2 minggu dalam freezer karena akan menghilangkan sari - sari dari daging ayam tersebut. 


sumber foto : google.com



Sumber :

www.google.com
https://serviceac.web.id/suhu-normal-untuk-freezer/

Tags:

Written by

Blog yang berisi informasi kuliner, sharing ilmu tata boga dan food photography.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Silahkan bergabung dengan kami...

Copyright © Dapur Katumbiri |