AD (728x60)

Sabtu, 10 Desember 2016

Kandungan Gizi dan Manfaat Tomat

Share & Comment



Tomat merupakan buah yang halus dan licin, memiliki nama ilmiah Lyopercium esculentum. Tomat merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat mudah untuk ditanam di Indonesia, namun tomat bersiklus hidup singkat.

Dalam dunia kuliner, tomat digunakan untuk memberi kesan segar pada masakan. Selain itu tomat digunakan sebagai garnis untuk mempercantik penyajian masakan. Banyak sekali manfaat tomat, baik digunakan untuk bahan masakan maupun dibuat jus. Namun apa saja kandungan gizi dalam tomat dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan?

Dikutip dari www.manfaat.co.id tomat memiliki kandungan gizi sebagai berikut.



Nutrisi di dalam satu buah tomat meliputi vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat mengandung sodium lemak jenuh, kolesterol, dan kalori yang rendah. Menurut sebuah studi dari Ohio State University, tomat yang dikonsumsi bersama dengan lemak sehat seperti yang terdapat pada alpukat dapat membantu menyerap phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali. Semua ini merupkan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh yang baik.

Sebagaimana yang telah umum diketahui, tomat mengandung vitamin C sehingga bisa mengatasi panas dalam dan sariawan. Namun tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kesehatan kulit. Oleh karena itu tomat sering digunakan sebagai masker wajah.

Selain itu apabila tomat dikombinasikan dengan manfaat brokoli saling bersinergi dan dapat membantu mengurangi kanker. Manfaat tomat yang lain diantaranya adalah untuk mengurangi berat badan, membantu pencernaan, mencegah hipertensi dan menjaga kesehatan jantung.


Lalu bagaimana cara mengkonsumsi buah tomat agar kita bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal? Tomat bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau matang. Kalau tomat dikonsumsi  mentah, vitamin yang larut dalam air dari buah tomat saja yang didapatkan. Tapi jika kita mengonsumsi buah tomat yang dimasak, kandungan lychopene di dalam buah tomat akan kita rasakan.
Tags: ,

Written by

Blog yang berisi informasi kuliner, sharing ilmu tata boga dan food photography.

3 komentar:

  1. manfaat tomat tidak diragukan lagi, baIKuntukkesehatan maupun untuk kecantikan kulit.
    cara mengobati sakit gigi

    BalasHapus
  2. Makasih ya min buat infonya, sekedar berbagi info ini ada resep Resep Keripik Tomat Gurih dan Renyah

    BalasHapus
  3. ternyata begitu besar manfaat tomat, namun sering tidak kita pedulikan.
    manfaat tomat untuk wajah

    BalasHapus

 

Popular Content

Recent Posts

Silahkan bergabung dengan kami...

Copyright © Dapur Katumbiri |