AD (728x60)

Rabu, 21 Desember 2016

Perbedaan Margarin Dan Mentega

Share & Comment


Ada yang tahu perbedaan margarin dan mentega? Atau mungkin mentega dan margarin sama saja? Margarin dan mentega sebenarnya berbeda, hanya saja kita sering menganggapnya sama baik secara komposisi dan fungsinya. Mungkin karena secara fisik mentega dan margarin ini hampir sama. Ingat! Serupa bukan berarti sama ya. Hehe

Margarin dibuat dari lemak nabati dengan bahan tambahan pengemulsi yang dapat dilarutkan dalam air. Campuran itu kemudian dikocok kuat-kuat sehingga membentuk emulsi (larutan kental). Emulsi ini kemudian dimasukkan ke dalam alat pendingin dan alat pengkristal sehingga dapat dibungkus dan dipak. Margarin membentuk krim setengah padat dengan tekstur yang lebih kaku dibanding mentega.

Secara fisik, margarin memiliki warna kuning terang, tidak mudah meleleh dalam suhu ruangan dan lebih tahan lama serta rasanya cenderung lebih asin. Margarin biasa digunakan untuk pembuatan cake dan berbagai jenis kue basah. Margarin membuat adonan cake menjadi lebih lembut. Selain itu margarin biasa digunakan untuk menumis dan menggoreng.

Sementara itu mentega terbuat dari lemak susu. Mentega mengandung kira-kira 80-81% susu. Secara fisik, mentega memiliki tekstur yang lebih lembek dibandingkan dengan margarin. Mentega asin mengandung 1-3% garam. Ada 1-5% udara yang tergabung dalam mentega selama proses pembuatan. Proses pembuatan mentega dikenal dengan churning, dimana gumpalan-gumpalan lemak susu dihimpun dan kemudian dipisahkan. Gumpalan lemak susu ini kemudian ditambah sedikit garam.

Mentega dianggap sebagai shortening yang paling baik karena rasanya meyakinkan. Hanya saja nilai pengkrimannya agak kurang. Oleh karena itu maka formulanya ditempatkan sebagai pembangkit rasa dalam pembuatan kue. Bila penyimpanannya kurang memadai atau terlalu lama, mentega akan rusak dan berbau tak sedap karena terjadinya proses oksidasi. Suhu yang ideal untuk penyimpanan mentega adalah di bawah 40° F.

Warna mentega cenderung lebih pucat dan memiliki aroma khas yang sedap dan lembut, tidak berbau dan bebas dari minyak, namun mentega lebih mudah meleleh. Dalam penggunaannya, mentega dipilih untuk pembuatan kue kering untuk mendapatkan hasil yang lebih renyah.

Nah, apakah mentega dan margarin bisa saling menggantikan? Sebenarnya bisa saja, karena memang komposisi kedua bahan ini hampir sama. Namun penggunaan mentega dan margarin yang kurang tepat tidak akan menghasilkan kualitas sempurna dari makanan yang kita olah.

Semoga bermanfaat. ☺


Tags: ,

Written by

Blog yang berisi informasi kuliner, sharing ilmu tata boga dan food photography.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Silahkan bergabung dengan kami...

Copyright © Dapur Katumbiri |