AD (728x60)

Jumat, 09 Desember 2016

Tips Membuat Cake Ala Dapur Katumbiri

Share & Comment



Cake merupakan kudapan yang populer. Selain banyak dijual di toko pastry, cake juga cukup mudah dibuat. Bahkan banyak ibu rumah tangga yang sudah terbiasa membuat cake sebagai kudapan yang pas saat berkumpul dengan keluarga ataupun untuk acara-acara tertentu. Namun banyak diantaranya yang merasa kurang puas dengan cake buatannya. Membuat cake memang terlihat mudah, namun ada beberapa point penting yang bisa mempengaruhi hasil akhir cake yang kita buat. Berikut mimin akan berikan beberapa tips untuk membuat cake.

1. Untuk membuat cake, takaran harus sesuai dengan resep. Kadang kala kita mengabaikan hal ini dengan mengira-ngira komposisi yang pas untuk membuat cake. Kadang kita juga menyamakan semua takaran untuk semua jenis cake. Padahal takaran dan komposisi tiap cake itu berbeda, jadi dibuka lagi resepnya ya.

2. Bahan yang digunakan harus baik kualitasnya. Misalnya untuk telur dilihat dari kekentalannya. Untuk gula, kita pilih yang halus butirannya, karena susunan cake akan rata dan empuk. Begitupun dengan tepung, tepung yang baik untuk cake adalah tepung dengan butiran yang halus.

3. Alatnya harus bersih dan kering. Kebersihan memang menjadi kunci utama dalam pembuatan makanan apapun, karena selain mempengeruhi kualitas makanan juga menjadi faktor kesehatan. Alat yang digunakan pun harus kering, larena untuk beberapa tipe cake adonannya tidak akan mengembang kalau alatnya tidak kering. Selain itu usahakan hindari alat yang berbahan plastik terutama wadah untuk membuat adonan. Karena lemak akan mudah menempel di wadah berbahan plastik sehingga sulit dibersihkan dan berpengaruh pada pembuatan cake selanjutnya.

4. Adonan dikocok dengan kecepatan tinggi. Ini untuk meminimalisir waktu mengocok adonan yang terlalu lama sehingga adonan akan turun. Jika dikocok dengan kecepatan tinggi, maka adonan akan cepat mengembang dan tidak kaku.

5. Untuk adonan cake yang baik harus dikocok sampai soft peake. Tahap puncak (soft peake) adalah ketika adonan membentuk puncak-puncak adonan yang bentuknya membukit-bukit atau tumpul. Warnanya mengkilat (shiny) dan terlihat lembut seperti krim kocok. Jika mixer dimatikan kemudian kocokan diangkat, adonan yang menempel di kocokan akan ikut terangkat kemudian akan turun lagi.

6. Bakar cake dengan suhu antara 150-200 derajat celcius, tergantung dari jenis oven yang digunakan karena beda jenis beda suhu oven yang cocok digunakan.

Segitu dulu ya tips dari mimin. Semoga tips ini bermanfaat. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat untuk Ibu-ibu kece pecinta dunia kuliner.









Foto produk by: Gin's Cake

Tags:

Written by

Blog yang berisi informasi kuliner, sharing ilmu tata boga dan food photography.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Silahkan bergabung dengan kami...

Copyright © Dapur Katumbiri |