AD (728x60)

Rabu, 01 Juni 2016

Rengginang: Si Renyah Asli Indonesia

Share & Comment



Siapa sih yang gak tahu rengginang. Kalau belum tahu rengginang, mungkin Anda dibesarkan di luar negeri. Hihihi… Dikutip dari Wikipedia, Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dai nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak.

Walau termasuk jenis kerupuk, ada ciri khas tersendiri dari rengginang yang membedakannya dari jenis kerupuk lain. Jika adonan kerupuk pada umumnya dibuat halus, berbeda dengan rengginang yang dibuat dengan butiran ketan yang masih utuh. Sehingga tekstrurnya pun lebih kasar namun tetap renyah.

Bagi orang Sunda, rengginang lebih dikenal dengan ranginang. Sedangkan di Jawa Tengah dikenal panganan yang sama dengan sebutan intip. Apa bedanya rengginang dengan intip? Intip dietak dari dandang atau periuk penanak nasi sehingga ukurannya lebih besar dari rengginang.

Kini rengginang dibuat dengan berbagai varian rasa, asin atau manis. Untuk rengginang asin, biasa diberi rasa dengan udang atau terasi. Dengan berbagai varian rasa dan kemasannya yang menarik, tak menutup kemungkinan jika rengginang tetap menjadi camilan favorit masyarakat Indonesia. Di tengah maraknya makanan luar yang diincar kaum muda, jangan lupakan makanan khas Indonesia ya. :D


Writen by: Ran

Photo by: Uzi
Tags: ,

Written by

Blog yang berisi informasi kuliner, sharing ilmu tata boga dan food photography.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Silahkan bergabung dengan kami...

Copyright © Dapur Katumbiri |